CBR Psikologi Pendidikan
Identitas
Nama Penulis/ Penyusun : Sri Milfayetty, dkk
Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penerbit, Kota, Tahun. : PPs Unimed, Medan, 2018
Tebal Buku : 204 halaman
Isi Buku
Psikologi Pendidikan terdiri dari dua kata psikologi dan pen didikan. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses kognitif dan perilaku. Sedangkan pendidikan adalah ilmu yang mempelajari nilai-nilai karakter dan cara menanamnkannya. Namun definisi psikologi pendidikan sebagai terapan ilmu psikologi dalam pendidikan memiliki arti sendiri, yakni, ilmu yang mempelajari proses belajar dan pembelajaran pada lingkungan pendidikan.
Proses belajar diartikan berlangsungnya aktivitas masuknya informasi melalui panca indra yang menghasilkan pembaharuan pada kognitif dan atau pada perilaku. Proses pembelajaran diartikan penngalaman interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan memberi dampak terhadap perolehan sesuatu yang baru melalui alat indra pada kognitif dan atau perilaku.
Psikologi pendidikan menjelaskan karakteristik perkembangan belajar sesuai dengan tingkat usia. Misalnya, jika ingin mengajarkan sesuatu pada seseorang, maka perhatikanlah perkembangan kognitifnya.
Tujuan akhir pendidikan adalah terbentuknya karakter, yaitu mengetahui yang benar, melakukan dengan tepat dan bertindak mulia. Dengan demikian pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat membangun karakter. Mendidik dan mengajar adalah yang kompleks. Tidak ada satu cara yang paling efektif dan mendidik peserta didik kerena kebutuhan dan perbedaan individual peserta didik. Oleh karena itu seorang pendidik akan mendidik dengan efektif jika memiliki pengetahuan dan keahlian professional, memiliki komitmen dan motivasi. Mendidik akan berlangsung efektif jika pendidik menguasai materi pelajaran yang akan diajarkannya, menentukan strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan perkembangan peserta didik, membuat disain pembelajaran, ahli dalam manajemen kelas, ahli dalam memotivasi, ahli dalam berkomunikasi, bekerja secara efektif dengan peserta didik yang berasal dari latar belakang kultur yang berlainan, menguasai teknologi, memiliki komitmen dan motivasi. Tujuan psikologi pendidikan adalah untuk memahami dan meningkatkan proses belajar dan pembelajaran.
Kelebihan Buku
Setelah membaca buku ini, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Buku Psikologi Pendidikan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:
Buku ini sudah memiliki penerbit dan sudah memiliki ISBN sehingga mudah untuk didapat dan dicari. Dalam penulisannya buku tersebut menggunakan sistematika penulisan yang bagus.Materi yang ada dalam buku dijelaskan secara runtut dan tidak memberikan kesan yang membingungkan.Penulisan dalam buku juga sangat jelas menggunakan huruf yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sehingga mudah dibaca.Dalam menggunakan bahasa, menurut saya buku ini sudah menggunakan bahasa yang lugas, penggunaan bahasa yang lugas memberikan sensasi membaca yang menyenangkan bagi pembaca sehingga pembaca tidak mudah bosan dan jenuh dalam memahami materi yang disampaikan penulis. Pada sub bab yang lain sebagian dilengkapi dengan gambar sehingga memberi kemudahan bagi sipembaca untuk memahami maksud dari keterangannya. Dan setiap akhitr bab di lengkapi dengan rangkuman. Pada akhir bab di paparkan kata kata motivasi.
Kelemahan Buku
Disamping kelebihan-kelebihan buku yang sudah ada diatas, buku ini juga memiliki kelemahan. Adapun kekurangan atau kelemahan buku tersebut ialah penggunaan warna dalam buku monoton yaitu hitam putih saja. sehingga memberikan kesan sedikit kurang menarik ketika melihat dalam buku. Gambar yang dalam buku tersebut tidak bewarna.
Manfaat Untuk Guru Biologi
Psikologi pendidikan memberikan banyak manfaat pada calon guru untuk meningkatkan proses pembelajaran pada kondisi yang berbeda-beda.
Psikologi pendidikan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah. Terkadang siswa yang kurang paham dengan berani dapat langsung bertanya kepada Guru, namun ada juga siswa yang kurang paham tidak berani mempertanyakan hal yang kurang jelas pada gurunya. Psikolog sangat berperan, dalam memahami keadaan siswa. Guru memberikan pendekatan dan jenis bantuan untuk memecahkan masalah.
Psikologi pendidikan dapat memahami perbedaan daya tangkap siswa. Dalam suatu ruang kelas terdapat banyak siswa yang memiliki daya tangkap berbeda-beda. Guru dapat melihat pisikologs siswanya dari perilaku, atau ekspresi.(bosan, jenuh, mengantuk dll.)
Psikologi pendidikan dapat menentukan metode pembelajaran untuk siswa. Seorang guru atau calon guru depan menerapkan media pembelajaran media pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa. Guru mampu menentukan jenis dan gaya belajar berdasarkan tingkatan sekolah. Hal ini berguna untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
Agar guru memahami perbedaan siswa, untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif didalam kelas, untuk memilih strategi dan metode pembelajaran yang tepat, memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa (konseling) , mengevaluasi hasil pembelajaran, berinteraksi secara cepar dengan siswanya, menilai hasil pembelajaran dengan adil, menetapkan tujuan pembelajaran, penyusunan jadwal pelajaran, dan memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik.
Nama Penulis/ Penyusun : Sri Milfayetty, dkk
Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Penerbit, Kota, Tahun. : PPs Unimed, Medan, 2018
Tebal Buku : 204 halaman
Isi Buku
Psikologi Pendidikan terdiri dari dua kata psikologi dan pen didikan. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang proses kognitif dan perilaku. Sedangkan pendidikan adalah ilmu yang mempelajari nilai-nilai karakter dan cara menanamnkannya. Namun definisi psikologi pendidikan sebagai terapan ilmu psikologi dalam pendidikan memiliki arti sendiri, yakni, ilmu yang mempelajari proses belajar dan pembelajaran pada lingkungan pendidikan.
Proses belajar diartikan berlangsungnya aktivitas masuknya informasi melalui panca indra yang menghasilkan pembaharuan pada kognitif dan atau pada perilaku. Proses pembelajaran diartikan penngalaman interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan memberi dampak terhadap perolehan sesuatu yang baru melalui alat indra pada kognitif dan atau perilaku.
Psikologi pendidikan menjelaskan karakteristik perkembangan belajar sesuai dengan tingkat usia. Misalnya, jika ingin mengajarkan sesuatu pada seseorang, maka perhatikanlah perkembangan kognitifnya.
Tujuan akhir pendidikan adalah terbentuknya karakter, yaitu mengetahui yang benar, melakukan dengan tepat dan bertindak mulia. Dengan demikian pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dapat membangun karakter. Mendidik dan mengajar adalah yang kompleks. Tidak ada satu cara yang paling efektif dan mendidik peserta didik kerena kebutuhan dan perbedaan individual peserta didik. Oleh karena itu seorang pendidik akan mendidik dengan efektif jika memiliki pengetahuan dan keahlian professional, memiliki komitmen dan motivasi. Mendidik akan berlangsung efektif jika pendidik menguasai materi pelajaran yang akan diajarkannya, menentukan strategi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan perkembangan peserta didik, membuat disain pembelajaran, ahli dalam manajemen kelas, ahli dalam memotivasi, ahli dalam berkomunikasi, bekerja secara efektif dengan peserta didik yang berasal dari latar belakang kultur yang berlainan, menguasai teknologi, memiliki komitmen dan motivasi. Tujuan psikologi pendidikan adalah untuk memahami dan meningkatkan proses belajar dan pembelajaran.
Kelebihan Buku
Setelah membaca buku ini, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Buku Psikologi Pendidikan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu:
Buku ini sudah memiliki penerbit dan sudah memiliki ISBN sehingga mudah untuk didapat dan dicari. Dalam penulisannya buku tersebut menggunakan sistematika penulisan yang bagus.Materi yang ada dalam buku dijelaskan secara runtut dan tidak memberikan kesan yang membingungkan.Penulisan dalam buku juga sangat jelas menggunakan huruf yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sehingga mudah dibaca.Dalam menggunakan bahasa, menurut saya buku ini sudah menggunakan bahasa yang lugas, penggunaan bahasa yang lugas memberikan sensasi membaca yang menyenangkan bagi pembaca sehingga pembaca tidak mudah bosan dan jenuh dalam memahami materi yang disampaikan penulis. Pada sub bab yang lain sebagian dilengkapi dengan gambar sehingga memberi kemudahan bagi sipembaca untuk memahami maksud dari keterangannya. Dan setiap akhitr bab di lengkapi dengan rangkuman. Pada akhir bab di paparkan kata kata motivasi.
Kelemahan Buku
Disamping kelebihan-kelebihan buku yang sudah ada diatas, buku ini juga memiliki kelemahan. Adapun kekurangan atau kelemahan buku tersebut ialah penggunaan warna dalam buku monoton yaitu hitam putih saja. sehingga memberikan kesan sedikit kurang menarik ketika melihat dalam buku. Gambar yang dalam buku tersebut tidak bewarna.
Manfaat Untuk Guru Biologi
Psikologi pendidikan memberikan banyak manfaat pada calon guru untuk meningkatkan proses pembelajaran pada kondisi yang berbeda-beda.
Psikologi pendidikan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah. Terkadang siswa yang kurang paham dengan berani dapat langsung bertanya kepada Guru, namun ada juga siswa yang kurang paham tidak berani mempertanyakan hal yang kurang jelas pada gurunya. Psikolog sangat berperan, dalam memahami keadaan siswa. Guru memberikan pendekatan dan jenis bantuan untuk memecahkan masalah.
Psikologi pendidikan dapat memahami perbedaan daya tangkap siswa. Dalam suatu ruang kelas terdapat banyak siswa yang memiliki daya tangkap berbeda-beda. Guru dapat melihat pisikologs siswanya dari perilaku, atau ekspresi.(bosan, jenuh, mengantuk dll.)
Psikologi pendidikan dapat menentukan metode pembelajaran untuk siswa. Seorang guru atau calon guru depan menerapkan media pembelajaran media pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa. Guru mampu menentukan jenis dan gaya belajar berdasarkan tingkatan sekolah. Hal ini berguna untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
Agar guru memahami perbedaan siswa, untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif didalam kelas, untuk memilih strategi dan metode pembelajaran yang tepat, memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa (konseling) , mengevaluasi hasil pembelajaran, berinteraksi secara cepar dengan siswanya, menilai hasil pembelajaran dengan adil, menetapkan tujuan pembelajaran, penyusunan jadwal pelajaran, dan memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik.
Komentar
Posting Komentar